Novman: Bentuk Puskesos Di Setiap Desa

RDNews.id – Dinas Sosial ((Dinsos) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Verifikasi dan Validasi Data Penduduk Miskin Basis Data Terpadu di Aula Bappeda dan Litbang Bengkulu Selatan, Kamis (20/2).

Assisten II Sekretariat Daerah BS, Novman Ahmad Ali dalam sambutannya menyebutkan bahwa basis data terpadu saat penting. Sehingga dirinya berharap, peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh.

Dirinya berharap, melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dapat mengupdate data yang sudah ada. Sehingga data penerima bantuan, seperti KIS, PKH, BPNT, KUBE dan lain sebagainya bisa tepat sasaran.

“Sehubungan dengan basis data terpadu ini pula, pemerintah berharap, setiap desa bisa membentuk Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial), yang mungkin bisa dianggarkan melalui Dana Desa,” jelas Novman Ahmad Ali.

Melalui Puskesos ini nanti, diharapkan dapat memudahkan warga miskin dan rentan miskin menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, baik yang dikelolah pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial BS, Didi Ruslan dalam sambutannya berharap kepada Kepada Kepala Desa dan Lurah agar proaktif melakukan verifikasi data penerima manfaat, seperti penerima KIS, PKH, BPNT, Bantuan Lansia dan lain sebagainya.

“Salah satu tujuan dari kegiatan ini supaya mendapatkan data yang akurat agar program tepat sasaran. Ini tugas kita bersama,” jelas Didi Ruslan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bappeda dan Litbang ini diikuti oleh 158 Kepala Desa/Lurah serta operator. Dilaksanakan selama tiga hari, 20-23 Februari 2020. (ypb)

sumber: mediacenter.bengkuluselatankab.go.id

Share.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: