2020 Penyaluran DD Langsung Ke Kas Desa, Gubernur: Dibelanjkakan Sesuai Kebutuhan

RDNews, Bengkulu – Ratusan kepala desa, Selasa pagi (25/2) memadati Gedung Balai Buntar Bengkulu dalam rangka rapat kerja kepala desa se-Provinsi Bengkulu.

Dalam rangka percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa dalam menopang ketahanan sosial ekonomi masyarakat, rapat kerja ini dihadiri langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah serta Menteri Dalam Negeri RI dalam hal ini diwakili oleh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan. Boytenjuri.

Diungkapkan Gubernur Bengkulu, dengan adanya percepatan penyaluran dana desa ini nantinya dapat mendorong kinerja kepala Desa guna melakukan kegiatan yang diperuntukan untuk perkembangan dan kemajuan desa masing-masing.

Kemudian, ditambahkan Rohidin, penyaluran dana desa ini nantinya akan langsung di transfer ke kas desa tanpa melalui kas daerah atau kabupaten.

“Kita minta, nanti ketika dana desa telah masuk segeralah di belanjakan sesuai dengan kebutuhan yang ada dilapangan,” ujar Rohidin, Selasa (25/2) kepada RMOLBengkulu.

Dirinya juga meminta kepada setiap kepala desa untuk memahami peraturan yang ada tentang penghasilan kepala desa beserta stuktur perangkatnya dan ditindaklanjuti oleh para bupati se-Provinsi Bengkulu

“Peraturan pemerintah no 11 tahun 2019. Mari kita tindak lanjuti instruksi gubernur agar menimbulkan semangat bekerja yang lebih baik ketika mereka diperlakukan dengan adil dalam satu wilayah provinsi,” sambungnya.

“Saya juga minta kepada para bupati, untuk segera menindaklanjuti itu karena saya kira tidak sulit bagi kita untuk memberlakukan peraturan itu, dan kita buat standar minimum sekian agar ada keseragaman di setiap desa di provinsi Bengkulu,” tambah Rohidin.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Boytenjuri, menyampaikan, suesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo agar pemanfaatkan dana desa dimuali dari awal tahun.

“Pemanfaatan dana desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan pemanfaatannya melakui program padat karya yang memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat miskin di Desa. Kemudian, penggunaan dana desa digunakan untuk mengarahkan sektor produktif di tingkat desa. Serta pengelolaan pemanfaatan desa harus di manejemen dengan baik,” tutup Boytenjuri. [ypb]

 


Share.

30 Komentar

  1. Hmm is anyone else encountering problems with the pictures on this blog
    loading? I’m trying to determine if its a problem on my
    end or if it’s the blog. Any suggestions would be
    greatly appreciated.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: