Seperti ATM, Tebus Pupuk Subsidi Dengan Kartu Tani

Bengkulu Selatan, RDNews – Kartu tani merupakan sebuah kartu yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani mulai dibagikan di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Sebanyak 9.611 Kartu Tani siap didistribusikan kepada petani di daerah itu, Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi pada di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Manna BS, Senin, (2/3)



Bupati berpesan kepada para petani yang menerima kartu tani tersebut dimanfaatkan dengan baik. Terutama dalam pengambilan pupuk bersubsidi.

“Kartu Tani ini sekaligus juga berfungsi sebagai ATM. Harapan kami, jangan hanya memanfaatkan ATM nya saja, tapi manfaatkan juga peluang pinjaman modalnya dengan bunga yang ringan, yakni Kredit Usaha Rakyat atau KUR,” jelas Gusnan.

Sementara itu, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan akan terus mengupdate data penerima kartu itu sampai seluruh petani di Bengkulu Selatan bisa memiliki kartu tani tersebut.

“Update data terakhir berdasarkan ERDKK, saat ini sudah ada 24 ribuan petani yang terdata untuk diterbitkan kartu tani, namun saat ini baru 9.611 yang sudah siap didistribusikan,” ujar Kabid Sapras Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Edi Siswanto.

Melalui Kartu Tani ini nanti, katanya diharapkan penyaluran pupuk ke petani akan lebih tertib dan tepat sasaran.

“Ke depannya, untuk tebus pupuk subsidi harus menunjukkan kartu tani. Cukup gesek kartu tani, akan muncul nama petani dan kuota pupuk yang tersedia untuk yang bersangkutan,” jelas Siswanto.

Disisi lain, Kepala Cabang Bank Mandiri KCP Manna-Bengkulu, Efri Rahman menyebut Kartu Tani ini juga bisa dimanfaatkan untuk menabung. Setelah kartu ini diserahkan ke petani, kartu akan segera diaktifkan.

“Kalau sudah ada saldonya di rekening, petani bisa membayar di kios pupuk langsung lewat ATM Kartu Tani tadi. Kalau belum, bisa bayar cash,” jelas Efri.

Untuk pendistribusian kartu tani tahap pertama ini, dijadwalkan akan dibagikan sejak tanggal 2 Maret sampai 19 Maret mendatang di seluruh kecamatan se Bengkulu Selatan. (adv)

Share.

34 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: