Tim Laut DKP Kota Bawa Misi ‘Selamatkan Pulau Tikus’

Kota Bengkulu, RDNews – Perikanan (DKP) Kota Bengkulu belum lama ini telah meninjau terumbu karang dan spot diving yang ada di Pulau Tikus. Kepala DKP Kota, Syafriandi menyebut bahwa tim yang diturunkan ke Pulau tikus akan memetakan kondisi terumbu karang dan potensi spot diving untuk menarik para wisatawan berkunjung.

“Jadi beberapa waktu lalu, tim laut dari DKP melakukan survey ke Pulau Tikus. Tujuannya yang pertama kita akan memetakan kondisi terumbu karang dan spot diving yang ada disana,” kata Syafriandi, Rabu (4/03).



Dikatakan Syafriandi bahwa keberadaan tim laut yang digagasnya sangat penting untuk menjaga dan memantau ekosistem laut Kota Bengkulu dengan update data di lapangan secara berkala.

“Tim laut ini kita ambil tenaga-tenaga profesional yang tugasnya multifungsi. Selain menjadi security di laut, mereka juga mengupdate data yang kita butuhkan,” ucapnya.

Menurutnya Pulau Tikus memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan jika dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Pulau yang berada sejauh 12 mil dari daratan itu pun terancam hilang digerus abrasi jika tidak dilakukan penanganan serius. Oleh karena itu DKP Kota telah bekerjasama dengan beberapa pihak termasuk Unihaz dan Universitas Bengkulu dalam misi penyelamatan Pulau Tikus.

“Misi awal kami yaitu menyelamatkan pulau ini agar tidak hilang, selanjutnya kita akan kembangkan menjadi wisata berbasis konservasi,” paparnya.

Kendati terkendala dengan minimnya anggaran, DKP Kota dibawah kepemimpinan Syafriandi tetap eksis dengan komitmennya untuk memanfaatkan potensi yang ada di laut Kota Bengkulu.

“Kita memang punya kendala pada anggaran yang cukup minim, tapi yang penting itu niat dan komitmen kita bersama untuk maju. Sejauh ini kita sudah lakukan penjajakan untuk mencari anggaran di Kementerian dan Swasta,” tutupnya. (aji/ypb)

Share.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: