Cegah Corona, Gubernur-Kapolda Tinjau Perbatasan Bengkulu-Sumbar

RDNews, Bengkulu – Pastikan kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mukomuko sebagai wilayah terujung barat Bengkulu dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid-19), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kapolda, Dandrem 041/ Gamas Bengkulu, jajaran FKPD Provinsi Bengkulu lainnya serta Sekda Provinsi Bengkulu dan kepala OPD terkait melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah beserta unsur FKPD Kabupaten Mukomuko. Rabu (01/4)

Gubernur meminta kabupaten selaras menjalan kebijakan pencegahan dan pengawasan covid-19 dan terus mensosialisasikan upaya pencegahan seperti rajin cuci tangan, melakukan sosial dan physical distance, serta perilaku hidup bersih dan sehat secara berjenjang kemasyarakat.



“Tentu hal ini dilakukan untuk semakin memperkuat perbatasan melawan penyebaran pandemi global Covid-19,” ungkap Gubernur Rohidin usai pimpin rakor di Rumah Dinas Bupati Mukomuko.

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) 100 Set, terdiri dari Masker 200 Box, Masker N-95 40 Pcs, Rapid test Covid-19 200 Test, Handscoon 100 pcs untuk Posko Mukomuko – Sumbar. Selanjutnya Masker 100 pcs untuk Posko Mukomuko – Sumbar, APD 5 Pcs untuk Posko Mukomuko.

Setelah sebelumnya tinjau perbatasan Bengkulu-Lampung dan Bengkulu-Sumatera Selatan, hari ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga meninjau posko kesehatan di perbatasan Bengkulu-Sumatera Barat yaitu Mukomuko- Padang.

Rohidin memastikan semua sesuai protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah pusat.“Disini kita juga memastikan tim terpadu di daerah perbatasan melakukan screening orang yang masuk ke Provinsi Bengkulu dan melarang masuk bagi orang yang terindikasi atau terjangkit Covid-19,” tegasnya

Selain itu ASN dan Anggota DPRD diminta untuk menunda perjalanan dinas keluar daerah kecuali panggilan darurat dari pusat. Diharapkan anggota DPRD dapat turun ke dapilnya membantu masyarakat yang terkena dampak corona.

Gubernur mengapresiasi Pemda Mukomuko yang telah menyiapkan ruang penanganan khusus yang terpisah dan memiliki jalur berbeda dari pasien umum. Hal ini karena RSUD Mukomuko merupakan salah satu Rumah sakit rujukan tambahan penanganan Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

Gubernur juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dokter dan tenaga medis di Rumah sakit ini yang siap siaga jika kemungkinan buruk terjadi.

Dihari yang sama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan peninjauan ke Posko Perbatasan Muko-muko – Pesisir Selatan (Sumatera Barat)
Di sini Gubernur Rohidin meninjau langsung kelengkapan Posko Perbatasan mulai tempat cuci tangan, bilik anti septik dan ruangan pendataan.

“Saya meminta petugas dibagi beberapa shift kerja agar mempunyai cukup waktu istirahat. juga berpesan agar Tim Media dan Petugas di Posko Perbatasan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan berhati hati dalam bekerja,” pungkasnya. [MC]

Share.

30 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: