Rapid Test Non-Reaktif, 9 Tenaga Kesehatan Kepahiang Diambil Swab

RDNews, Bengkulu – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu melakukan penelusuran kontak erat terkait pasien konfirmasi Covid-19 dari Kabupaten Kepahiang. Setelah sampel Swab anggota keluarga dinyatakan positif Covid-19, tracing juga dilakukan kepada petugas medis yang sempat melayani pemeriksaan pasien.

Baca Juga

“Dari kasus konfirmasi yang 3 orang itu, dilakukan pendalaman lebih lanjut. Karena saat pemeriksaan kesehatan 16 April lalu, ada petugas kami yang tak mengenakan APD lengkap,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni saat memberikan keterangan pers, update Covid-19 di Bengkulu, Jumat (24/4).

Saat ini, lanjut dia, telah dilakukan isolasi terhadap 9 petugas medis Kabupaten Kepahiang tersebut. Rapid test sudah dilakukan dan tak ada yang menunjukkan reaktif. Kendati seperti itu, sample swab sudah diambil dan akan diuji di laboratorium Palembang.

“Swab sudah kita ambil dan akan segera kami kirim ke BBLK Palembang. Swab kita lakukan karena mereka kita nilai sebagi kontak erat,” terang Herwan yang membeberkan 9 orang tersebut adalah 2 dokter dan 7 paramedis.

Berdasarkan data laporan yang masuk tabulasi Dinkes Provinsi Bengkulu, dari Kabupaten Kepahiang juga melaporkan ada masyarakat yang hasil rapid testnya reaktif. PDP (pasien dalam perawatan) terserbut seorang perempuan dengan umur 49 tahun dan miliki riwayat perjalanan dari Jawa Tengah.

“Statusnya PDP dan sudah dirawat. Yang bersangkutan miliki keluhan demam dan penyakit penyerta,” terang Herwan yang menegaskan tempat dirawatnya adalah di RS Kepahiang.

Selain dari Kepahiang, Herwan juga menerangkan soal seorang pasien dari Kabupaten Lebong. Awalnya, orang tersebut dalam kondisi hamil dan saat ini sudah melahirkan. Karena pasien ada gejala klinis lain yakni demam dan batuk, maka dilakukan rapid test.

“Rapid test berulang, dan laporannya yang dua kali terakhir hasilnya tidak reaktif. Kini pasien dirujuk ke RS di Argamakmur Bengkulu Utara dan tadi malam sampai,” cerita Herwan.

Terhadap status PDP dan kondisi pasien seperti itu, tambahnya, bakal dilakukan pengambilan Swab untuk memastikan akurasinya melalui uji laboratorium PCR.

Untuk diketahui, berdasarkan update per 24 April 2020, kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu tercatat 8 orang. 1 dinyatakan sembuh, 2 orang isolasi mandiri dan 4 orang dalam perawatan RS. Sedangkan 1 orang lagi merupakan pasien 01 konfirmasi Covid-19 yang telah meninggal dunia. [MC]


RDNews. Presiden Jokowi resmi melantik Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah di Istana Negara, Kamis (24/2). Selain itu juga Presiden Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yaitu Mahyeldi dan Audy serta Ahmad dan Marlin Agustina Kepulauan Riau (Kepri) periode jabatan 2021-2024 Pelantikan dengan menerapkan…

RDNews. Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Bengkulu direncanakan dilantik, Jumat, 26 Februari 2021 mendatang. Pelantikan akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Bengkulu Robert Simbolon secara virtual, mengingat masih dalam kondisi pendemi Covid-19. Menurut Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, pelantikan para Bupati dan Wakil Bupati terpilih tersebut guna menindaklanjuti…

RDNews. Sepuluh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di kabupaten/kota Provinsi Bengkulu sepakat mendukung kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua DPC Demokrat Kota Bengkulu, Suhartono mengaku jika pihaknya menolak keras isu kudeta yang saat ini tengah menyerang partai berlambang mercy tersebut. “Kami seluruh anggota DPC Demokrat Kota…

RDNews. Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) mendapatkan kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) PNS tahun 2021. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra membenarkan bahwa memang ada kenaikan tambahan penghasilan bagi PNS Pemprov. “Ya benar,” singkatnya saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLLampung, Minggu malam (21/2). Berdasarkan…