Reward Untuk Jurnalis Asal Bengkulu, Gubernur: Ini Bentuk Apresiasi

RDNews, Bengkulu – Jurnalis Republik Merdeka Online Bengkulu (RMOL Bengkulu), Alexander menerima reward dari Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Baca Juga

Reward itu diberikan atas prestasi ia torehkan di tingkat nasional, yakni menjadi salah satu pemenang dalam ajang Media Awards Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan United Nations International Children’s Fund (UNICEF).

Penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah kepada Alexander di kediaman pribadinya di Jalan Sedang, Kota Bengkulu, pada Sabtu (2/5) pagi sekitar pukul 09.05 WIB.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, reward untuk Alexander ini diberikan sebagai motivasi guna peningkatan kinerja jurnalis sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi jurnalis yang telah berprestasi dalam bidang tugasnya.

“Pemberian reward ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada jurnalis Bengkulu, agar ke depan menjadi motivasi bagi mereka lebih giat menulis dan mendalami ilmu jurnalistik. Karena jurnalis kita di Bengkulu memiliki kemampuan untuk itu,” ujar Rohidin.

Lebih lanjut, ia berharap keberhasilan dalam tugas jurnalistik dapat terus dijadikan sebagai budaya, serta prestasi semacam itu harus terus dilakukan agar Provinsi Bengkulu lebih dikenal di tingkat nasional.

“Saya kira ini bukan sesuatu hal yang mudah dan tidak bisa didapat oleh siapa saja, tapi ada kesungguhan dan kegigihan. Memang dicari betul wartawan atau penulis yang bisa mencari sisi lain untuk di angkat dan bisa mengedukasi masyarakt melalui tulisannya,” tutup Rohidin.

Untuk diketahui, dalam acara Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2020 ini, panitia menerima total 413 karya untuk 4 kategori lomba yaitu online/cetak, radio, televisi, dan foto.

Lewat karya tulisannya berjudul “Bidan Penakluk Kerinci Seblat”, para dewan juri yang terdiri dari kalangan profesional, praktisi, pemerhati isu anak, dan UNICEF, memutuskan Alex menjadi pemenang Spesial Mention kategori Cetak/Online.

Awalnya AJI-UNICEF dengan dukungan Kementerian Kesehatan merencanakan penghargaan dalam situasi yang hangat. Karena dalam situasi pandemi Covid-19, pengumuman ini kemudian disampaikan secara daring.

1. Kategori Cetak/Online: Erik Tanjung (Suara.com), judul karya Terancam Hukuman Mati, Kejanggalan Peradilan Bagi Mispo Si Anak Papua.

2. Pemenang Spesial Mention kategori Cetak/ Online
Alexander (Republik Merdeka Online Bengkulu/RMOLBengkulu.com) dengan judul karya “Bidan Penakluk Kerinci Seblat”.

3. Pemenang Kategori Radio
Tim KBR, judul “Karya Hidup Usai Teror Episode 1-8”.

4. Pemenang Spesial Mention Kategori Radio
Eko Susanto (i Radio FM), judul karya “Imunisasi Measles Rubelle, Upaya Melindungi Generasi Bangsa”.

5. Pemenang Kategori Televisi
Miftah Faridl dan Priyuda Anangga D (CNN Indonesia TV), judul karya “Anakku Tidak akan Jadi Teroris”.

6. Pemenang Spesial Mention Kategori Televisi
Muhammad Sridipo, Defry Novaldy, dan Wahyu Santiko (Jawapos TV), judul karya “Ironi Kontroversi Imunisasi”.

7. Pemenang Kategori Foto
Ignas Kunda (Media Indonesia), judul karya “Perjuangan Warga Kampung Wololuba Demi Air Keruh”.

8. Pemenang Special Mention Kategori Foto
Chaideer Mahyuddin (Agence France-Presse/AFP), judul karya “Vaksin Sehat”. [Rls]


RDNews. Tim jatanras Polda Bengkulu bersama Unit Reskrim Polres Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan penyelidikan terhadap aksi bandit spesialisasi pecah kaca mobil yang terjadi dikawasan Jalan KZ Abidin Kelurahan Kebun Dahri Kota Bengkulu, Rabu (03/03). Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes pol. Sudarno mengatakan petugas telah memeriksa TKP dan juga mengambil keterangan…

RDNews. Informasi terkait bakal bergantinya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu yang beredar belakangan akhirnya ditanggapi Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Namun akhirnya informasi tersebut dibantah langsung oleh orang nomor satu di Provinsi Bengkulu tersebut. Rohidin menyebut jika pihaknya belum mempunyai rencana untuk pengganti Sekda. Ia pun menegaskan bahwa informasi terkait Sekda…

RDNews. Sebanyak 38 bupati dan wali kota menandatangani komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (02/03), di Jakarta. Penandatanganan ini menjadi komitmen awal dibangunnya MPP di masing-masing daerah, yang akan mempermudah perizinan masyarakat dan meningkatkan ekonomi nasional. Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo…

RDNews. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Selasa (02/03) menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Tahun 2020 kepada Pemda Provinsi Bengkulu, melalui Gubernur Rohidin Mersyah, di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu. Diungkapkan Gubernur Rohidin, dari LHP tahun 2020 yang disampaikan, selain program pembangunan, pengawas juga difokuskan BPKP pada aspek penggunaan…