Sekda Kaur Abaikan Panggilan Bawaslu

RDNews, Kaur – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu sudah melayangkan surat panggilan terhadap Bupati maupun Sekretaris Daerah (Sekda) setempat. Bahkan pangilan terhadap Sekda sudah dilakukan sebanyak 2 kali.

Baca Juga

Panggilan yang dilayangkan tersebut guna klarifikasi atas dugaan pelanggaran mutasi yang dilakukan terhadap pejabat Eselon II Kaur, Jon Harimol menjelang penetapan Bapaslon, 17 Sepember 2020.

Namun, baik Bupati Gusril Pausi maupun Sekda Nandar Munadi belum memenuhi panggilan tersebut. Belum diketahui apa faktor apa yang membuat mereka diduga abai atas panggilan tersebut.

“Sekda panggilan pertama tidak hadir. Panggilan kedua siang ini, masih menunggu,” ungkapnya menjawab pesan singkat media ini via whatSapp.

“Bupati (Gusril) juga dipanggil,” lanjutnya

Disisi lain, Sekda Nandar Munadi saat dikonfirmasi media ini perihal panggilan bawaslu tersebut ia memilih tidak berkomentar.

“No comment dulu ya,” singkatnya sembari meminta media ini untuk memahami kondisi yang tengah terjadi seperti dilansir garudadaily.com, Rabu (23/9).

Sekadar mereview, Gusril diduga melanggar Pasal 71 Ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2016 atau biasa disebut UU Pilkada. Karena melakukan penggantian pejabat, sedangkan UU tersebut sudah mengatur bahwa calon petahana dilarang melakukan itu, kecuali mendapat izin dari Mendagri. Jika terbukti, maka Gusril bisa didiskualifikasi dari pencalonannya di Pilkada Kaur 2020.

Akan tetapi, Nandar membantah bahwa Gusril melakukan mutasi, tapi penjatuhan sanksi terhadap pejabat dimaksud lantaran melakukan tindakan indisipliner.

Pejabat yang dimaksud adalah Jon Harimol yang sebelumnya menjabat Kadis Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, ia diberhentikan dan dipindahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai Analis Jabatan. Untuk mengisi kekosongan posisi Jon, Gusril sudah menunjuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan By Wiadi sebagai Pelaksana tugas. [Red]


RDNews. Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Kamis 25 Februari 2021 kemarin, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerima Serah Terima Jabatan dari Penjabat (Pj) Gubernur Bengkulu Robert Simbolon. Dalam kesempatan ini, Gubernur Rohidin menerima Memori Jabatan dari Pj. Gubernur Bengkulu Robert Simbolon, Jumat (26/2). “Pak Robert ini…

RDNews. Pasca dilantik di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo (25/02), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, hari ini, Jum’at (26/02), melantik 7 pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) periode 2021-2024, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu. Ditegaskan Gubernur Rohidin, sejalan apa yang disampaikan Presiden RI Jokowi, sinergi dan koordinasi…

RDNews. Presiden Jokowi resmi melantik Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah di Istana Negara, Kamis (24/2). Selain itu juga Presiden Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yaitu Mahyeldi dan Audy serta Ahmad dan Marlin Agustina Kepulauan Riau (Kepri) periode jabatan 2021-2024 Pelantikan dengan menerapkan…

RDNews. Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Bengkulu direncanakan dilantik, Jumat, 26 Februari 2021 mendatang. Pelantikan akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Bengkulu Robert Simbolon secara virtual, mengingat masih dalam kondisi pendemi Covid-19. Menurut Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, pelantikan para Bupati dan Wakil Bupati terpilih tersebut guna menindaklanjuti…