Setwapres: Pencegahan Stunting Tetap Lanjut Meskipun Pandemi

RDNews, Bengkulu Utara – Upaya inovatif Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (Pemkab BU) dalam menurunkan angka anak kerdil (stunting) di Kabupaten Bengkulu Utara terus dilakukan meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga

Usai berkoordinasi ke Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) melalui undangan, Gayung bersambut undangan tersebut dibalas dengan mengundang Pemkab Bengkulu Utara dalam Rapat Dukungan Penyelenggaraan Program Percepatan Pencegahan Stunting Daerah, yang dilaksanakan di Hotel Pulman Jakarta, pada Selasa (10/11/2020) kemarin.

Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Guntur Iman Nefianto dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah pusat telah menyusun beberapa panduan yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah dalam penyediaan layanan di lapangan.

Adapun langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan konvergensi program dengan terlebih dahulu melakukan analisis situasi dan pemetaan program yang selama ini ada di Kabupaten/Kota dan Desa. untuk mewujudkan konvergensi dalam program percepatan pencegahan stunting, diperlukan kepemimpinan yang kuat.



“Di berbagai negara yang sukses dalam pencegahan stunting, kepemimpinan yang kuat ini menjadi kunci keberhasilan utama,” tuturnya.

Semakin besar Komitmen Pemkab Bengkulu Utara dalam mewujudkan pencegahan dan pengurangan stunting di Bengkulu Utara serta yakin dapat menurunkan angka stunting sesuai target di tahun 2024 sebesar 5 persen.

“Melalui rapat ini tentu menguatkan komitmen Pemkab Bengkulu Utara dalam mewujudkan program dan kegiatan yang konvergen dan menyasar pada kelompok sasaran, yaitu ibu hamil dan anak di bawah usia dua tahun sejalan dengan hasil yang diharapkan dalam rapat,”Pungkasnya.

Turut hadir dan menjadi narsumber pada acara tersebut Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Kemensos: Asep Sasa Purnama dan Lead Program Manager Tim Percepatan Pencegahan Stunting Setwapres, dari Kemendagri, Bappenas, Kementrian Kesehatan, Kementrian Sosial, lembaga Ilmu Pengetahuan, beserta jajaran kepala OPD Pemkab BU.[red].



Sumber: MC BU

RDNews. Tim Opsnal Polsek Teluk Segara berhasil mengumpulkan seorang wanita muda berinisial RR (25), warga asal Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (BU) diduga menjadi pelaku perampokan di warung manisan milik korban Endang Sugianti (34) yang berada di kawasan Kelurahan Semarang Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. Aksi perampokan yang terjadi pada…

RDNews. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kembali terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Kali dialami oleh warga Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya YW (21) yang merupakan istri dari tersangka SA (26). Lantaran setiap kali cekcok, korban selalu mendapat perlakuan kekerasan yang dilakukan tersangka SA, akhirnya korban pun melaporkan kejadian…

RDNews. Bupati Bengkulu Utara Mian menjadi orang pertama di Kabupaten Bengkulu Utara baru saja menerima Vaksin. Dalam Kesempatan tersebut Bupati sekaligus melaunching pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam rangka menekan jumlah penyebaran paparan Covid-19 di RSUD Arga Makmur, Rabu (3/2). Bupati BU menerangkan dirinya telah lolos screening penerima vaksin dan tidak merasakan…

RDNews. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar rapat paripurna Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara Masa Jabatan 2016-2021 dan Pengumuman Usulan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara masa Jabatan 2021-2024 di Gedung Paripurna DPRD BU, Rabu (27/1) pagi Rapat paripurna itu dipimpin…