Ketua MPR RI: JMSI Harus Bantu Pemerintah Jaga Keutuhan Bangsa

RDNews – Ketua MPR, Bambang Soesatyo, memberikan pesan kepada seluruh Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) untuk membantu pemerintah menjaga keutuhan bangsa.

Baca Juga

Hal itu disampaikan sosok yang kerap disapa Bamsoet ini dalam acara pengukuhan Pengurus Pusat JMSI, di Hall Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (25/11).

“JMSI harus bantu pemerintah agar bangsa ini terhindar dari perpecahan,” ungkap Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, banyak bangsa dan negara lain di dunia yang terpecah karena isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Hal ini, menurutnya, tidak diinginkan semua pihak.

Oleh karena itu menurut Bamsoet, media siber yang sekarang ini menjadi kekuatan informasi harus diperhitungkan pada setiap negara, mengingat saat ini masyarakat semakin banyak yang terhubung dengan internet.

“197 juta dari sekitar 260 juta total penduduk Indonesia kini sudah terhubung dengan internet dan mengikuti informasi dari media online,” ujarnya.

Dari situ, mantan Ketua DPR ini melihat ada pergeseran kebiasaan masyarakat saat ini. Yakni, sangat akrab dengan internet dan segala hal yang ada di dalamnya.

“Bangun pagi sambil ngopi, misalnya, kita pasti mencari informasi lewat internet,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bamsoet berharap kepada JMSI dapat menjadi wadah bagi berbagai media massa berbasis online yang bisa menjadi saluran informasi terpercaya untuk masyarakat luas.

“Selamat bekerja untuk pembangunan bangsa,” demikian Bambang Soesatyo mengakhiri. [jmsi]

Sumber: JMSI


RDNews. Tokoh Pers Riau H Dheni Kurnia mengingatkan wartawan dan media untuk tidak terjebak pola pemberitaan sepihak dan tidak berimbang. Pemberitaan tanpa konfirmasi selain sarat dengan kepentingan pihak-pihak tertentu, juga akan menjerumuskan wartawan maupun media pada tindakan “Trial by the press”, penghakiman oleh media. Penegasan itu disampaikan Dheni Kurnia menyikapi…

RDNews | PADANG – Dewan Pers menjadwalkan verifikasi faktual 10 pengurus daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mulai 18 Februari hingga 27 Maret 2021. Berbarengan dengan verifikasi faktual itu, juga digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di 34 provinsi sepanjang tahun 2021 ini. “Alhamdulillah, Sumatera Barat merupakan salah satu Pengda…

Oleh: Hendro Saky SATU tahun usia Jaringan Media Siber Indonesia atau JMSI. Organisasi perusahaan pers, yang kelahirannya dibidani oleh sejumlah insan pers dari penjuru nusantara itu, dilahirkan dalam sebuah prosesi sederhana. Dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjadi tempat dan saksi peristiwa bersejarah tersebut, pada 8 Februari 2020. Dan kini, 8…

RDNews. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut aktif bekerja sama dalam menyukseskan dan membesarkan nama Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) disampaikan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa saat menyampaikan sambutan di Hari Ulang Tahun ke-1 JMSI, Senin (8/2). Kepada para anggota JMSI, Teguh Santosa turut menyampaikan kabar gembira. Dia memastkkan…