Gubri: Jagalah SOIna Dengan Hati

RDNews. Gubernur Riau (Gubri) mengingatkan, agar menjaga organisasi Special Olympics Indonesia (SOIna) Riau dengan hati. Karena organisasi ini bukanlah organisasi biasa.

Baca Juga

“Tapi saya yakin, pengurus SOIna yang dilantik hari ini, adalah para pengurus yang berjiwa sosial, tangguh, sabar, berdedikasi dan terampil, ” kata Gubernur Riau diwakili PLH Sekdaprov H Masrul Kasmy, pada pelantikan pengurus SOIna Riau priode 2020-2025 Rabu (6/1) siang di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dikatakan Gubri, SOIna adalah organisasi olahraga yang berisikan anak-anak disabilitas intelektual. Anak-anak yang berbeda dari anak-anak biasa. Kemampuan mereka, tidak sama dengan anak kebanyakan. Tetapi, mereka dididik untuk berprestasi dan berani tampil.

“Ini tentu penuh perhatian, kesabaran, ketekunan, ketelatenan dan kepedulian khusus. Karena itu, saya minta, rawat dan jagalah mereka dengan hati, dengan kasih sayang. Buat juga agar mereka betprestasi tidak saja di tingkat daerah dan nasional. Tapi juga di tingkat internasional,” tegasnya.

Sejauh ini, sambung Gubri, SOIna Riau sudah mampu menunjukkan kemampuan dan prestasi yang luar biasa. Bahkan pernah menjadi juara umum pada PORNAS SOIna 2018. Tapi jangan cepat puas. Tingkatkan terus kemampuan anak-anak ini. Mudah-mudahan ke depan, SOIna Riau semakin terdepan di tanah air.

Pemerintah, lanjutnya, juga tidak akan tinggal diam untuk mendukung. Pemerintah Daerah Riau, akan ikut membantu dengan segala upaya, termasuk menyiapkan dana operasional melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga. “Ini semuanya dilakukan agar para pengurus tidak merasa ditinggalkan dalam memberi perhatian pada anak-anak tuna grahita ini,” tegas Gubri yang disambut tepuk tangan meriah pengurus SOIna.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) SOIna, Warsito Elwein, melantik kepengurusan Pengurus Provinsi (Pengprov) SOIna Riau. Kata Warsito, meski pelantikan agak terlambat dari jadwal yang ditetapkan, tapi dia bangga melihat kekompokan pengurus SOIna yang baru.

Meski saat melantik Warsito tengah berada di Berlin, Jerman, tapi pengukuhan pengurus yang dilakukan secara virtual ini, sangat membanggakan dirinya sebagai Ketua Umum SOIna Indonesia. “Saya berharap SOIna Riau terus berprestasi dan melahirkan atlit-atlit baru yang nantinya tidak saja jadi kebanggan Riau, tapi juga Indonesia,” tegasnya.

Tugas pengurus, lanjut Warsito, memang sangat berat. Karena harus memperhatikan kebutuhan dan prestasi anak-anak dengan kondisi dan latarbelakang berbedaberbeda. Namun semua hak mereka harus disamakan,” tegasnya.



Dalam pelantikan secara virtual yang dihadiri sejumlah undangan antara lain, mantan Ketua SOIna Riau, Hj. Iwa Sirwani Bibra, Anggota DPRD Riau, Hj. Septina Primawati RZ, Kepala Dispora Bobby Rahmat, Dewan Pembina SOIna Doni Aprialdi dan undangan lain, berjalan khidmat dan lancar. Hj. Novilia SE, yang menjadi Ketua Pengprov SOIna serta pengurus lain, menyatakan bersedia menjaga nama baik dan akan melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Dalam sambutannya, Novilia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung keberadaan SOIna. Menurut Novilia, menjadi pengurus SOIna memang merupakan pilihan, pengabdian, misi kemanusiaan dan kepedulian yang tak terbatas. “Mohon dukungan dari bapak dan ibu semua. Ingatkan, jika kami salah,” ujarnya.

Usai pelantikan, acara diteruskan dengan rapat kerja dan diskusi dengan tema; membangun kinerja SOIna ke depan. Tampil sebagai pembicara, Bobby Rahmat (KaDispora) , Iwa Sirwani Bibra, Ina (Pengurus DPP SOIna) dan Novilia yang dimoderatori oleh Adi Romadona. Dalam diskusi tanpa tanya-jawab itu, semua pihak sepakat, akan membangun dan membangkitkan citra SOIna ke depan dengan semangat membangun Riau.

Dalam satu sesi materinya, Ketua Pengprov SOIna, Novilia, menyebutkan akan menerbitkan sebuah buku tentang kiprah dan perjalanan SOIna sejak berdiri hingga hari ini, serta raihan prestasi yang sudah dicapai. “Insya Allah, tepat 9 Agustus 2021 mendatang, bersamaan hari jadi SOIna Riau, buku ini akan terbit,” jelasnya. [JMSI]


RDNews. Budayawan dan pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) bersama wartawan senior Teguh Santosa membedah sekaligus mengulas bagaimana masa depan media online. Teguh Santosa yang adalah CEO RMOL Network menjelaskan perkembangan awal media massa berbasis internet di Indonesia terjadi pada dekade 1990an. Dia mengatakan, pada masa itu jumlah pengakses internet…

RDNews. Tokoh Pers Riau H Dheni Kurnia mengingatkan wartawan dan media untuk tidak terjebak pola pemberitaan sepihak dan tidak berimbang. Pemberitaan tanpa konfirmasi selain sarat dengan kepentingan pihak-pihak tertentu, juga akan menjerumuskan wartawan maupun media pada tindakan “Trial by the press”, penghakiman oleh media. Penegasan itu disampaikan Dheni Kurnia menyikapi…

RDNews | PADANG – Dewan Pers menjadwalkan verifikasi faktual 10 pengurus daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mulai 18 Februari hingga 27 Maret 2021. Berbarengan dengan verifikasi faktual itu, juga digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di 34 provinsi sepanjang tahun 2021 ini. “Alhamdulillah, Sumatera Barat merupakan salah satu Pengda…

Oleh: Hendro Saky SATU tahun usia Jaringan Media Siber Indonesia atau JMSI. Organisasi perusahaan pers, yang kelahirannya dibidani oleh sejumlah insan pers dari penjuru nusantara itu, dilahirkan dalam sebuah prosesi sederhana. Dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjadi tempat dan saksi peristiwa bersejarah tersebut, pada 8 Februari 2020. Dan kini, 8…