LA SCOOP: Gelato Dan Sorbetto Pertama Di Bengkulu

RDNews. Banyak yang beranggapan bahwa Es Krim, Gelato, dan Sorbetto adalah jenis-jenis es krim. Walaupun sepintas memang mirip. Tapi nyatanya es krim, gelato, dan sorbeto berbeda, baik dari bahan maupun proses pembuatannya.

Baca Juga

Bagi pencinta Gelato dan Sorbetto di Kota Bengkulu khususnya sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi untuk menikmatinya, karena Gelato dan Sorbetto telah hadir di Bengkulu. Gelato dan Sorbetto pertama di Bengkulu. Dengan mengusung tema All Around The World by Winfrey Eveline Yodan.

“Dari kecil saya senang berada di dapur meracik suatu makanan dan saya juga punya Cita-cita ingin memperdalam ilmu gelato di Negara Asalnya Italia. Saya juga sangat bersyukur punya suami dan keluarga besar yang terus mendukung saya,” terang owner la scoop Winfrey Eveline Yodan.

Masih disampaikan Winfrey Eveline, terinspirasi membuat gelato dan sorbetto dari sang suami Yosia Yodan dan putranya Jaden Yodan yang sangat suka dengan ice cream chocolate dan ingin membuat dari ingredients yang low sugar, tanpa perasa, tanpa pengawet dan tanpa pemanis buatan.

Kabar baiknya semua Gelato La Scoop di produksi dengan mesin Italia. Resep diracik oleh Chef Winfrey Eveline yang menempuh pendidikan gelato dengan 3 master di Jakarta dan sang owner winfrey eveline yodan memiliki passion di food and beverages sejak kecil.

Gelato dan sorbetto di La Scoop dibuat dari premium ingredient, bukan dengan bubuk instan. Anda bisa merasakan authentic gelato hanya di La Scoop karena resep racikan sendiri dari Chef Winfrey. Gelato La Scoop dibuat dengan mesin Italia dan sudah bersertifikasi halal sejak Januari 2021. Untuk tema Produk La Scoop Gelato ada berbagai macam di antarannya UK’s theme, Asian’s theme, European’s theme, Indonesian’s theme, Disney’s theme, Japan’s theme.

”Rasakan authentic gelato hanya di La Scoop karena resep racikan sendiri dari Chef Winfrey. Gelato La scoop dibuat dengan mesin Italia. LASCOOP sudah bersertifikasi halal sejak januari 2021,” katanya



Untuk SOP di ruang Prosuksi, lanjut Winfrey, setiap karyawan wajib mencuci tangan, menggunakan masker, penutup kepala dan dilarang membawa barang apapun ke dalam produksi dengan tujuan semua bahan dalam kondisi yang steril.

”Kami mengutamakan pelayanan dan produk yang higenis. Kami ingin terus menjaga standar yang baik walaupun dengan resiko cost yang lebih besar agar para Konsumen yang sudah percaya produk La Scoop bisa puas dengan apa yang kami produksi,” terang Winfrey

La Scoop bisa dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga Lansia karena dibuat dengan bahan-bahan premium dan sehat. La Scoop – low fat, low in sugar, tanpa pengawet, tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna dan healthy frozen desserts.
Sebagai informasi perbedaan antara es krim, gelato, dan sorbetto yaitu Es krim dibuat dari krim atau kepala susu, bukan susu murni, bukan susu bubuk, bukan pula susu kondensasi. Selain krim, bahan utamanya adalah telur dan buah atau cita rasa lain. Bahan-bahan itu dikocok sampai mengembang, alias dimasukkan udara atau angin ke dalamnya.

Jadi, setiap liter bahan es krim yang siap dibekukan itu setengahnya adalah gelembung udara atau angin. Es krim berkualitas premium mengandung lebih sedikit gelembung udara. Inilah yang membedakan es krim dan gelato, karena di dalam gelato gelembung udaranya lebih sedikit.

Es krim yang kita kenal biasanya terasa lebih menusuk di lidah, ini karena proses pendinginannya jauh lebih rendah dari pada gelato yaitu 18-20 derajat celcius.
Gelato yaitu berasal dari bahasa italia congelati yang artinya beku. Gelato dibuat dari susu, bukan krim, air, gula dan buah-buahan segar. Ketika dikocok, susu tidak mengembang seperti halnya krim. Alat pengocoknya pun berputar lebih lambat, sehingga lebih sedikit gelembung udara yang terbentuk.

Perbedaan bahan itu mempengaruhi hasil akhirnya. Gelato merupakan es krim buatan rumahan khas dari italia, karena dia tidak bisa tahan lama, mungkin bisa dibilang hanya kisaran hari, dan tidak seperti es krim yang bisa tahan hingga berbulan-bulan. Jadi, gelato harus disajikan segar.

Gelato biasanya mempunyai tekstur lebih padat dan mulus dibandingkan dengan es krim biasa, maka dari itu terasa sangat mengenyangkan. Gelato mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan es krim, berkisar antara 7–8 persen saja. Gelato berkualitas tinggi kandungan lemaknya hanya 1-3 persen saja.



Sedangkan Sorbetto yaitu sejenis Gelato yang dibuat tanpa susu maupun krim. Sorbet dibuat hanya dari buah dan air. Sorbetto Italia biasanya lebih smooth dibanding sorbet biasa, karena lebih banyak kandungan buahnya dan sedikit air, sehingga kristal air yang beku tidak terasa tajam di lidah.

Sorbet terkenal karena rasa buah yang dihasilkan lebih terasa di lidah daripada gelato dan es krim. Kalau mau dibuat gampangnya, sorbet ini sebenarnya gelato tapi tanpa susu maupun krim, dan lebih menonjolkan rasa dari buah-buahan.

“Bahwa gelato menggunakan cream dan susu dalam komposisinya sedangkan sorbetto tanpa menggunakan cream dan susu. Selain itu La Scoop juga menyediakan gluten free cone, croffle, daffle, coco lava, coco bar sebagai dessert pendamping gelato dan tidak lupa crepes yang dalam waktu dekat akan dilaunching. Chef Winfrey ingin terus mengembangkan bakatnya dengan membuat produk frozen dessert yang aman dikonsumsi oleh semua kalangan,” katanya.



Jadi tunggu apalagi Jika ingin memesan dan menikmati sensasi dari Gelato dan Sorbetto bisa pesan Online ke 0813 88888 220 atau di IG @lascoop.id dan Offline Store dengan first premium dine in di Bengkulu dengan 4 tema konsep restoran yang berbeda dan rencana akan Opening di bulan Mei 2021 di jalan kapuas raya no 205 sebelah gedung Sekolah HighScope Kota Bengkulu.

“Kami ingin memberikan produk dan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen,“ terang istri dari Direktur utama Yodan Group Bengkulu Yosia Yodan. [ypb]

Laporan: Handril Waldinata


Oleh : Elfahmi Lubis PRAHARA yang menimpah beberapa partai belakangan ini, dan terakhir terjadi di Partai Demokrat, seharusnya tidak hanya dilihat dari perspektif soal legal atau tidak legal secara hukum saja. Dan bukan juga hanya dilihat dari pertarungan politik para elit partai yang bersengkongkol dengan elit kekuasaan. Namun jauh dari…

RDNews. Tim jatanras Polda Bengkulu bersama Unit Reskrim Polres Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan penyelidikan terhadap aksi bandit spesialisasi pecah kaca mobil yang terjadi dikawasan Jalan KZ Abidin Kelurahan Kebun Dahri Kota Bengkulu, Rabu (03/03). Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes pol. Sudarno mengatakan petugas telah memeriksa TKP dan juga mengambil keterangan…

RDNews. Informasi terkait bakal bergantinya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu yang beredar belakangan akhirnya ditanggapi Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Namun akhirnya informasi tersebut dibantah langsung oleh orang nomor satu di Provinsi Bengkulu tersebut. Rohidin menyebut jika pihaknya belum mempunyai rencana untuk pengganti Sekda. Ia pun menegaskan bahwa informasi terkait Sekda…

RDNews. Sebanyak 38 bupati dan wali kota menandatangani komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (02/03), di Jakarta. Penandatanganan ini menjadi komitmen awal dibangunnya MPP di masing-masing daerah, yang akan mempermudah perizinan masyarakat dan meningkatkan ekonomi nasional. Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo…