Wujudkan Program Prioritas untuk Masyarakat Kaur

RDNews. Masyarakat Kabupaten Kaur Bengkulu mendapatkan Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS), Senin (22/03). KBS yang diserahkan langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah merupakan salah satu dari 18 program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2021-2024 bagi masyarakat kurang mampu.

“Program ini dikhususkan untuk masyarakat kecil kurang mampu, yang betul-betul pantas dan membutuhkan,”ujar Gubernur Rohidin saat menyerahkan Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) di pelataran Gedung Gurita Kaur, (22/3).

Rohidin menjelaskan untuk sebaran kuota KBS ditentukan dari jumlah penduduk suatu kabupaten/kota. Khusus untuk kabupaten Kaur, mendapatkan 2.302 kartu. Ke depan diupayakan bertambah sesuai kebutuhan, dan semua keperluan.

“Jadi, bagi bapak/ibu yang telah menerima KBS sudah dapat langsung difungsikan. Dan ke depan KBS terintegrasi dengan bantuan pangan non tunai, dan KIP, jadi nanti dalam satu kartu bisa digunakan untuk berbagai manfaat,” jelas Rohidin.

Salah satu penerima manfaat KBS, Yanti (56) menyampaikan dirinya sangat terbantu dengan program KBS ini. Selama ini, dirinya kesulitan ketika ingin berobat karena belum mendapatkan JKN-KIS. Dan hari ini, ia merupakan salah satu masyarakat penerima KBS yang di dalamnya ada JKN-KIS, KIP, dan Bantuan Sosial.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat berarti dan menolong kami masyarakat kurang mampu. Terimakasih atas kepedulian bapak Gubernur Rohidin, semoga beliau tetap sehat memimpin provinsi Bengkulu,” sampai ibu Yanti.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyebutkan, masyarakat kurang mampu yang terdaftar sebagai penerima Program KBS tercatat sebanyak 33.743 peserta.

Adapun rinciannya sebagai berikut, Kabupaten Kaur 2.302 peserta, Bengkulu Selatan 2.951 peserta, Seluma 3.808 peserta, Kota Bengkulu 6.119 peserta, Bengkulu Tengah 2.068 peserta, Bengkulu Utara 4.853 peserta, Kepahiang 2.697 peserta, Rejang Lebong 4.843 peserta, Lebong 1.884 peserta dan Mukomuko 2.218 peserta.

Pada kesempatan ini, juga dibarengi dengan program pemutihan denda pajak dan pokok pajak untuk kendaraan roda dua. Gubernur Rohidin berharap, program ini dapat berjalan sehingga ke depan masyarakat lebih tertib membayar pajak.

“Program ini agar masyarakat betul-betul mendapatkan kemudahan dan keringanan dari sisi biaya akan lebih murah dan ini membuat kenyamanan bagi masyarakat kita. Tentu bagi pemerintah tidak selalu bagaimana mendapatkan pendapatan daerah, tapi juga berfikir bagaimana ada benefit ekonomi dari kebijakan yang kita ambil,” terang Rohidin Mersyah yang merupakan Gubernur ke-10 ini.

Salah satu warga Kaur yang memanfaatkan program ini, Samsyir (43) sangat gembira dan mengapresiasi program Gubernur Rohidin Mersyah.

“Motor saya sudah 3 tahun mati pajak, program ini sangat meringankan kami. Kedepan, semoga program-program yang lebih mantap akan hadir kembali untuk kami masyarakat,” imbuhnya. [MC]

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: