Raih Hadiah Ratusan Juta Rupiah JMSI AWARD

RDNews. Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Bengkulu melaunching anugerah karya jurnalistik “Bersemi Kala Pandemi” di hotel Mercure Bengkulu, Kamis (30/9).

Launching JMSI Award berlangsung melalui hibrid menghadirkan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa diikuti para insan pers se-Indonesia.

Ketua JMSI Bengkulu Riki Susanto mengatakan latarbelakang diadakannya JMSI Award ini adalah adanya pandemi COVID-19 yang merubah semua sisi kehidupan. Utamanya krisis yang menjadi puncak dari semua persoalan yang menerpa pers saat ini.

Pers sesungguhnya, kata Riki, kritis ketika tidak lagi mampu menjadi lembaga sosial dan wahana komunikasi sosial massa yang mengedepankan prinsip-prinsip dan nilai-nilai jurnalistik.

Untuk itu, pihaknya mengajak menjadikan badai pandemi dan krisis yang tengah terjadi sebagai momentum untuk mengembalikan pers yang menawarkan gagasan dan ide, pers yang bertekad menjadikan informasi sebagai instrumen untuk mencapai cita-cita adil, makmur, dan sejahtera.

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa sendiri mengatakan pandemi COVID-19 membawa pada situasi peralihan menuju era digitalisasi, menjadikan pers sebagai pionir dalam menghadirkan inovasi digital untuk mengelola informasi dari sosial media dengan kaidah jurnalistik.

Malam puncak JMSI Award dilaksanakan bertepatan dengan momentum peringatan hari ulang tahun Provinsi Bengkulu ke-53 di bulan November mendatang.

Adapun JMSI Award 2021 diadakan dengan 8 kategori yakni 5 kategori nasional dan 3 kategori khusus Provinsi Bengkulu berhadiah total Rp150 juta. [rls]

Berikut kategori karya jurnalistik yang dilombakan pada JMSI Award 2021:

A. Nasional

1. Tajuk
2. Indepth News
3. Feature
4. Video
5. Foto

B. Khusus Provinsi Bengkulu:

1. Media Siber JMSI Terbaik
2. Media Siber Bengkulu Terbaik
3. Wartawan Bengkulu Terbaik

Syarat dan Ketentuan

1. Terbuka bagi seluruh insan pers dan media massa se-Indonesia
2. Karya yang dinilai adalah karya yang sudah dipublikasikan dan ditayangkan mulai 1 Januari 2021 dengan periode pendaftaran dan pengiriman arya 1 sampai dengan 31 Otober 2021
3. Karya pada seluruh kategori tidak bersambung atau bersei dengan maksimal 5 karya perkategori serta wajib disertai sinopsis atau cerita singkat mengenai isi dan proses pembuatannya
4. Karya dikirim ke email jmsiaward@gmail.com dengan menyertakan salinan identitas (kartu pers), surat pengantar dari redaksi dan dilengkapi data diri (nama,alamat, nomor hp), sertifikat ujian kompetensi wartawan dan dewan pers (jika ada), serta bukti tayang
5. Seluruh karya oeserta akan direpost ke halaman resmi dan platform digital JMSI dengan mencantumkan sumber (nama media dan penulis)
6. Karya dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional (keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat)
7. Indikator penilaian untuk kategori khusus berdasarkan keikutsertaan pada lima kategori utama
8. Proses penjurian akan dilakukan sebelum malam penganugerahan JMSI Award.

Hadiah:
Total hadiah sebesar Rp150 juta.

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: