DPRD Prov Dorong Peningkatan Fasilitas Publik Ramah Disabilitas

RDNews. Meski fasilitas publik telah menyediakan fasilitas ramah disabilitas disebagian titik seperti di bandara dan beberapa kantor pelayanan di wilayah Bengkulu, namun fasilitas publik ramah disabilitas ini dinilai masih cukup minim.

Untuk itu, bertepatan pada Hari Disabilitas Internasional (HDI) anggota DPRD Provinsi Bengkulu Sumardi meminta pemerintah untuk melakukan peningkatan fasilitas publik ramah disabilitas di sejumlah fasilitas transportasi maupun fasilitas publik. Hal demikian juga harus dilakukan pihak swasta seperti penggelola mal dan pusat perbelanjaan lainnya.

“Beberapa fasilitas ramah disabilitas memang sudah ada di beberapa titik fasilitas publik. Seperti di bandara serta juga ada fasilitas untuk penyandang disabilitas di trotoar. Namun kita meminta meskipun memanf sudah ada fasilitas publik ramah disabilitas ini lebih ditingkatkan,” kata Sumardi.

Menurutnya, penyediaan fasilitas publik yang ramah disabilitas telah dijamin oleh negara dan wajib diterapkan. Sehingga tidak ada perbedaan bagi kelompok disabilitas, maka dari itu fasilitas publik ramah disabilitas perlu lebih ditingkatkan.

Anggota Dewan yang juga sebagai ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu ini juga menyebutkan siap akan membantu melakukan pembahasan anggaran. Guna mendukung fasilitas serta pelayanan bagi penyandang disabilitas di Provinsi Bengkulu.

“Guna mendukung itu, nanti kita juga akan siap melakukan dukungan penganggaran. Tahun ini kan sudah berlewat, dan nanti akan kita anggarkan pada tahun 2023 untuk mendukung fasilitas ramah disabilitas dan usaha bagi penyandang disabilitas di Bengkulu ini,” tukasnya. [red/adv]

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: