Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

OLEH : Heni Fartika. F, SE

Membaca dapat di artikan sebagai sebuah aktivitas dalam melafalkan, mengeja, membunyikan simbol-simbol abjad hingga menjadi kata sampai kalimat yang memiliki makna. Ini adalah sebagian pendapat dari para ahli mengenai pengertian membaca di antaranya :

Kesatu Menurut Yunus membaca adalah aktivitas membaca agar dapat memperoleh informasi yang disampaikan di dalam bahan bacaan.

Kedua Kholid A.H. dan Lilis. S. membaca adalah mengemukakan atau membunyikan rangkaian lambang lambang bahan tulisan yang di lihatnya dari huruf menjadi kata, kemudian menjadi frosa kalimat dan seterusnya.

Ketiga Giliet dan Temple arti membaca adalah memberi makna terhadap bahasa tulis dengan kata lain sebuah aktivitas memperoleh dan menciptakan gagasan, informasi ide mental dari segala sesuatu yang di baca.

Dari arti membaca di atas dapat kita analisa bahwa membaca merupakan pintu masuk sebuah ilmu yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam rangkaian menumbuhkan minat baca sejak dini dapat dilakukan halhal sebagai berikut tentunya dimulai dari rumah tangga, tanggung jawab seorang bapak dan ibu untuk menumbuhkan minat baca putra putrinya. Sebelum mereka bisa membaca seorang ibu atau ayah harus dapat meluangkan waktunya untuk membacakan buku-buku yang memotivasi mereka untuk menjadi orang seperti apa yang di inginkan orang tuanya.

Sekolah juga mempunyai peran yang penting bagi menumbuhkan minat baca sejak dini di pendidikan PAUD & TK sebelum belajar guru dapat membacakan buku-buku cerita. Bagi siswanya di tingkat SD, SMP dan SMA siswa diwajibkan untuk membaca buku penunjang 15 Menit sebelum pelajaran dimulai.

Menghadirkan buku-buku bacaan di rumah kita yang menjadi kesukaan anak-anak kita dan setiap pekannya kita selalu memperbaharui buku bacaan mereka. Kita dampingi selalu putra putri kita dalam menyelesaikan buku-buku bacaanya. Itulah beberapa upaya penanaman minat baca sejak doni yang dapat kita lakukan.

Pengenalan buku-buku bacaan sejak dini akan melahirkan generasi-generasi yang gemar membaca dan cerdas.

Mulailah dari keluarga kita sendiri untuk memberi edukasi bagi semua masyarakat Indonesia, agar masyarakat Indonesia menjadi Negara dengan masyarakat yang gemar membaca.

Salam Literasi.

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: