101 KK Desa Kota Bumi Dapatkan Bantuan Paket Budidaya Ikan Lele

RDNews. Pemerintah Desa Kota Bumi Kecamatan Pino Bengkulu Selatan (BS) menggelar pelatihan cara membudidayakan ikan lele yang benar bersama Dinas Perikanan Dan Kelautan BS, Kamis (12/5).

Pembudidayaan ikan lele ini merupakan program ketahanan pangan dan hewani yang bersumber 20 persen dari Dana Desa (DD). Oleh karena itu tercatat sedikitnya 101 unit rumah warga Desa Kota Bumi yang akan mendapatkan bantuan paket budidaya ikan lele tersebut.

“Ada 101 buah rumah warga yang akan membudidayakan ikan lele terpal ini, dan nantinya akan diberikan satu paket langsung mulai dari terpal, bibit, pakan hingga obat-obatan agar nantinya program ketahanan pangan ini berhasil,” sampai Kades Kota Bumi Wiwin Kurniawan.

Dikatakan Wiwin, tiap kolam nanti akan diberikan bibit sebanyak 400 ekor. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi setiap keluarga di desa yang dipimpinnya.

“Jadi untuk semua kelengkapan akan kita siapkan, tinggal lagi penerima yang mengelola, kami harap kolam terpal lele ini tidak menjadi pajangan harus dikerjakan dengan telaten agar hasilnya memuaskan,” tuturnya

Budidaya ikan tawar ini diprediksi akan panen selama 3 bulan. Maka dari itu diperlukan keseriusan dan ketelitian serta perlu menjadi perhatian seperti pemberian pakan dan kebersihan kolam agar bibit yang ditebar menjadi sehat.

“Sengaja kita menggelar pelatihan agar nantinya warga lebih memahami cara membudidayakan ikan lele, sebab budidaya media terpal merupakan hal baru bagi warga kami, semoga ini menjadi awal yang baik dan kedapan warga bisa membudidayakan dengan mandiri,” ujar kades.

Sementara itu, Camat Pino Hendri Farizal mengatakan, program tersebut jangan dijadikan sekedar formalitas di depan rumah saja. Sebab kolam lele nantinya perlu dikerjakan serta di rawat dengan baik. Sebab, selain menopang ketahanan pangan keluarga, budidaya ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi terlebih lagi ikan sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Agar hasilnya maksimal ya pasti harus di rawat dengan baik pula, saya harap budidaya ini dapat berkelanjutan. Rawatlah dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan dengan benar,” tutup Hendri. [red]

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: