Keterbukaan Anggaran BumDes, Pemdes Sebilo Gelar Musyawarah

RDNews. Peran badan usaha milik desa (Bumdes) diprioritaskan sebagai program peningkatan perekonomian dan pembangunan desa. Hal tersebut digaungkan langsung oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT).

Untuk itu Pemerintah Desa Sebilo Kecamatan Pino Bengkulu Selatan, Rabu (13/7) malam menggelar musyawarah peruntukan untuk dana BumDes. Kepala Desa Sebilo, Enudi Johyan mengatan tujuan dari digelarnya musyawarah tersebut agar adanya keterbukan mengenai anggaran Bumdes di desa yang sedang dipimpinnya saat ini.

“Musyawarah ini digelar agar adanya keterbukaan terkait pelaksanaan anggaran BumDes, biar ada keterbukan dan kesepakatan diambil bersama,” jelas kades.

Ia menambahka bahwa pemerintah desa setempat selalu mendukung apa kegiatan BumDes yang bisa mengembangkan usaha yang sipatnya membangun desa.

“Pemdes cuma bisa mendukung dalam kegiatan desa kita, nanti jika gagal jangan salahkan bumdes, kalau nanti gagal itu kegagalan bersama, mudah-mudahan dengan musyawarah ini bisa menghindari hal itu,” harapnya.

Dari musyawara yang dihadiri anggota Badan BUMDes, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat beserta Perangkat Desa setempat tersebut menghasilkan kesepakatan diantaranya, Sewa papan, Simpan pinjam, perbaikan tenda, serta pengadaan Genset.

Selain itu ada hal yang menarik didalam musyawarah tersebut yakni perbaikan kembali air ledeng yang sudah banyak tidak mengalir lagi kerumah masyarakat padahal didesa tersebut banyak sumber air yang bisa dimanfaatkan

Namun hal itu belum bisa diputuskan karena mengingat anggaran sebesar 39 juta tersebut dirasa belum cukup untuk hal itu.

“Pembuatan bak air/perbaikan air ledeng usulan masyarakat sangat kami apresiasi, nanti kita lihat dulu kondisi keuangan BumDes jika memungkinkan akan kita reaslisasikan, jika tidak akan kita usahakan untuk di tahun yang akan datang,” papar ketua BumDes Sebilo, Efuan. [adv]

Share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: